Berita Indonesia
Indonesian Politics and Election news

Butuh Strategi Tepat untuk Tambah Pasukan di Afganistan kata Obama

Presiden AS Barack Obama masih berpikir soal strategi yang tepat bagi kekuatan militer AS di Afganistan. Hal ini penting sebagai pertimbangan apakah penambahan pasukan di Afganistan masih diperlukan atau tidak.

Sebelumnya, Komandan Tertinggi pasukan AS di Afganistan Jenderal Stanley McChrystal meminta penambahan pasukan dalam jangka waktu beberapa minggu mendatang untuk membendung kekuatan Taliban yang kembali bangkit.

Dalam wawancara dengan sejumlah media, Obama ditanya soal kapan ia akan memutuskan soal penambahan pasukan tersebut.

Ia mengatakan belum menerima permintaan untuk penambahan pasukan dan ia masih bekerja dalam strategi yang tepat untuk memastikan bahwa Al Qaeda tidak sedang dalam posisi menyerang AS.

"Saya hanya mau menyakinkan setiap orang mengerti bahwa kamu tidak akan membuat keputusan soal SDM, sebelum kamu mempunyai strategi yang siap," kata Obama kepada ABC, seperti dilansir Reuters, Minggu (20/9/2009).

Kepada NBC, Obama mengatakan penting bagi dirinya untuk melatih keraguan ketika mengirimkan seorang berseragam ke jalan yang berbahaya.

"Karena saya orang yang harus bisa menjawab ketika orang tua mereka mendapati anak-anaknya tidak pulang. Jadi saya harus menghadapi pertanyaan yang berat setiap saya mengirimkan pasukan," ujarnya.

Soal penarikan pasukan dari Afganistan, Obama pun mengaku tidak mempunyai batas waktu.

Sikap Obama juga mendapatkan kritikan dari Kongres. Senator John McCain, yang pernah bersaing dengan Obama saat Pilpres, mendesak pemerintah untuk menyetujui penyebaran dan penambahan pasukan secepatnya. Menurut McCain, menunda berati membirakan hidup pasukan di Afganistan dalam risiko
0 comments:

Post a Comment


Text Link Ads